1. Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas
Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat.
2. Cara sederhana untuk mengetahui adanya sumber panas. Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan?
Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
3. Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda.
4. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda.
5. Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda.
5. Dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
6. Sedangkan alat untuk mengukur suhu digunakan alat yang bernama thermometer.
a. kalimat utama.
b. indera peraba hanya bisa memperkirakan, tidak bisa mengukur dengan tepat
c. temperatur.

7. Termometer pertama kali dibuat pada tahun 1592 oleh seorang ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei yang menggunakan udara dan air. Pada tahun 1714, ilmuwan Jerman bernama Daniel Gabriel Fahrenheit membuat termometer yang berisi air raksa. Dan pada tahun 1742, ilmuwan Swedia bernama Andres Celsius menemukan termometer yang menggunakan skala ukuran 100.
8. Koran atau surat kabar merupakan salah satu media cetak paling lama yang dikenal dan diciptakan manusia. Surat kabar memiliki banyak informasi yang disediakan untuk pembacanya. Salah satu informasi di dalam surat kabar adalah iklan tentang barang-barang kebutuhan masyarakat. Hal ini masyarakat lebih menyukai media on-line, karena mayoritas masyarakat memiliki hand phone yang terkoneksi dengan internet. Melalui internet, masyarakat sangat mudah mencari informasi terbaru, baik yang berhubungan dengan berita, iklan barang kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lainnya. Kehadiran Internet membuat media cetak tenggelam.
9. Tahukah kamu tentang gamelan? Gamelan adalah sekumpulan alat musik tradisional. Setiap alat musik yang ada pada gamelan menghasilkan bunyi yang berbeda. Beberapa alat musik seperti gong dan bonang terbuat dari logam. Dalam pembuatannya gong dan bonang harus dibentuk dengan cara dipanaskan.
10. Gamelan, digunakan untuk mengiringi beberapa lagu daerah yang dimainkan dalam tangga nada sederhana.
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan. Misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do.
11. Jenis tangga nada, di antaranya adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah.
12. Beberapa alat musik seperti piano dan organ memiliki sistem tangga nada diatonis. Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Nada kedelapan merupakan pengulangan nada pertama.
13. Tangga nada pentatonis, merupakan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok.
14. Tangga nada pentatonis yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan slendro adalah gamelan Jawa.
15. Selain gamelan Jawa, ada juga gamelan Sunda, Bali, Madura, dan Batak
16. Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si.
17. Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah. Sedangkan tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada do – re – mi – sol – la
18. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.
19. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah.
20. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik.
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua.

21. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya
22. Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi.
Contoh bentuk interaksi dalam lingkungan yang terdiri atas lingkungan makhluk hidup dan benda mati.
23. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mensahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989.
24. Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia.
25. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya.

CUSTOMER SERVICE
GALLERY FOTO

PENGUNJUNG